Cara Membuat Forum di Internet




Di sini ane mau ngasih tutorial cara membuat forum di internet tanpa "coding" sedikitpun, yang diperlukan hanya kita daftar di web yang menyediakan cpanel dan disitu kita membuat domain, bisa ngelola database juga, dan CMS forum itu sendiri. cms forum ane coba menggunakan phpBB, phpBB adalah salah satu CMS gratis yang open source. 
Langkah pertama adalah download phpBB.
bisa kunjungi di sini https://www.phpbb.com/downloads/ atau akses ini phpBB setelah terdownload disimpan ya , file cuman 7mb an.

langkah ke dua adalah daftar di penyedia hosting/
ane menggunakan web ini https://www.000webhost.com/ untuk signup bisa akses halaman ini https://www.000webhost.com/free-website-sign-up. 
nah diatas adalah form nya setelah itu isikan dengan lengkap lalu sign up. oiya website name nanti jadi url kita. jika kita input "cobaweb" nanti url website kita adalah"http://cobaweb.000webhost.app.com setelah signup jangan lupa verifikasi di email yang terdaftar tadi, setelah verifikasi login lagi, jika sudah berhasil tampilan seperti ini.
setelah itu klik build website yang ada di menu atas atau klik  create first website. setelah itu muncul jendela pop up pilih personal website saja. lalu next.

setelah next muncul halaman dimana menampilkan halaman ada form website name yang bersifat opsional sama password, password beguna untuk login di file manager. jadi perlu diingat ya...setelah itu pilih create. tada webiste sudah berhasil dibuat.


Langkah ketiga adalah melakukan upload file phpbb.zip 
nah setelah membuat subdomain jadi untuk langkah selanjutnya mengunggah file CMS yang sudah kita download.
yaitu pilih file manager sob.setelaha masuk halaman file manager ada menu "unggah file sekarang". 
setelah masuk halaman unggah file sekarang. masuk ke file FTP disitu pilh upload file.
setelah itu pilihlah file phpbb.zip seperti gambar dibawah ini.
pencet tombol "upload" untuk memulai unggah. pastikan koneksi stabil agar tidak gagal upload. nah berikut proses unggahnya.
nah setelah terupload akan seperti ini. oiya uploadnya di direktori "public_html" ya.
nah langkah selanjutnya adalah mengeluarkan file file yang ada di phpbb.zip , caranya klik kanan pada file tersebut pilih "extract" sehingga file akan terkestrak.
nah berikut proses extract nya.
setelah ter extract kita mengeluarkan file phpbb yang isiinya banyak itu ke direktori "public_html"
nah itu yang ane maksud, untuk memindahkan kita pilih semua file dengan cara klik centang di list.
nah itu nanti jika benar maka semua file akan terselect. setelah terselect adalah memindahkan semua file tersebut ke "public_html". caranya pencet button "move".
setelah pencet move maka nanti muncul jendela , pilih button "change" setelah tap button tersebut pilih direktori "public_html", terus pencet button "select this" setelah itu pencet button "move" berikut gambarnya.
setelah itu masuk ke direktori "public_html" lalu kamu akan melihat banyak file yang dipindahkan tadi, pastikan folder aktif adalah "public_html" dan disitu banyak file. berikut gambarnya.


nah sampai di sini kita sudah berhasil mengunggah file hasil extract phpbb.zip ke dalam direktori "public_html" 

langkah keempat adalah kita membuat database yang mana nanti digunakan untuk menyimpan database forum yang kita akan buat.

untuk membuat database kita masum ke 000webhost.com lagi lalu pilih menu "kelola database"
setelaha masuk ke halaman kelola database maka kita akan disuguhkan halaman create database, untuk create database sangat mudah , pencet buat database baru setelah itu masukkan nama database, nama username dan password, nah ini adalah untuk identitas database yang akan kita gunakan yang simple saja biar mudah diingat, disitu ane semua isikan sama "cobaforum" biar nanti mudah ketika mau setup forum. klik buat database, jika benar maka akan ada list database yang sudah kita buat, berikut .



nah akhirnya selesai juga setup database dan upload. 

Langkah kelima adalah install forum, cukup akses domain yang kita buat tadi di awal. pada kali ini ane akses halaman http://cobaforum.000webhost.com .jika benar terupload maka tampilannya seperti ini.
nah disitu menunjukkan file benar benar terunggah di "public_html" langkah selanjutnya adalah "klik button install disamping button overview tersebut" lalu klik button "install di bawah .

setelah tap install maka kita akan diarahkan ke halaman konfigurasi administrator forum yang kita buat. isikan data yang mudah diingat saja. jika sudah klik "submit"



setelah submit maka muncul halaman konfirugasi database, pastikan jangan salah menempatkan , contoh benar seperti ini gaes.
setelah itu muncul jika benar maka akan muncul server konfigurasi.
karena ane kurang paham ane klik "submit" aja. setelah submit muncul email konfigurasi.klik submit lagi. berikut tampilannya.
Setelah berhasil submit maka muncul halaman bulletin konfigurasi. isikan sesuai dengan keinginan kamu.
nah ini langkah terakhir, setelah selesai maka halaman akan menampilkan proses membuat table di database, berikut.
ditunggu agak lama ya.sabar dulu..ini proses memang tergantung dari server yang kita gunakan. setelah berhasil berikut. jika gagal di refresh aja.


tada setup sudah selesai. 

langkah kelima rename direktori install di halaman "public_html"
langkah simple tapi krusial. lakukan rename atau hapus file  pada direktori install di "public_html" agar orang lain tidak bisa mengakses halaman tersebut. karena jika orang lain bisa akses halaman tersebut maka orang lain bisa setup forum dari awal. ngeri kan...ingat ya.


nah ini sudah selesai, simple kan contoh dari forum ini bisa akses dihalaman ini. https://cobaforum.000webhostapp.com/
jangan lupa login untuk administrator forum ya, karena kamu sekarang jadi pengelola forum tersebut, di admin forum sudah ada menu tersendiri untuk memaintain seperti anggota, member, diexplor sendiri ya.



sebenarnya CMS banyak hlo, ada yang model CMS pembelian, sosmed , tempat chat dan lain lain, cara install nya pun hampir sama kok, jika kamu bingung bisa kirimkan komentar atau hubungi ane via about me, jangan malu malu...segini dulu tutorial dari ane...semoga berguna..byebye..






Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Forum di Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel